ANALISIS PENGARUH BELANJA ONLINE TERHADAP PERILAKU PERJALANAN BELANJA DIMASA PANDEMI COVID-19

Yeni Widiyawati, Christina Dwi Sakti Ningsih, Fera Lestari, Galuh Pramita

Abstract


Belanja adalah salah satu kegiatan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti bahan makanan, pakaian, barang rumah tangga, kebutuhan sehari-hari, dan kebutuhan lainnya. Seiring dengan perkembangan jaman, internet saat ini sudah menjadi sesuatu yang sangat mudah didapatkan masyarakat, mulai dari remaja,tua, hingga dewasa. Maka tidak jarang banyak orang beralih menggunakan internet untuk membuka beberapa situs, salah satunya adalah situs belanja online. Oleh sebab itu, kemudian penulis melaksanakan studi tentang Analisis Belanja Online Terhadap Perilaku Perjalanan Belanja dimasa Pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keputusan seseorang dalam memilih cara berbelanja baik secara konvensional maupun online yang meliputi karakteristik sosiodemografi-ekonomi konsumen dan atribut berbelanja serta menganalisis pengaruh hubungan aktivitas belanja online terhadap perilaku perjalanan belanja. Penelitian ini dilakukan dengan metode penyebaran kuesioner online dan offline kepada konsumen (di propinsi Lampung). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang paling besar pengaruhnya dalam menentukan keputusan berbelanja online yaitu: frekuensi penggunaan internet, kepemilikan kendaraan, terhadap karakteristik belanja offline. Selain itu diketahui bahwa konsumen atau pelaku belanja di propinsi Lampung hampir seluruh sampel responden pernah melakukan belanja online dan berbelanja secara konvensional serta pengaruh hubungan antara aktivitas belanja online dengan perilaku perjalanan belanja yaitu netral atau tidak mempengaruhi aktivitas perjalanan belanja sebab pelaku belanja konvensional paling sering membeli produk bahan makanan sedangkan untuk belanja online paling sering membeli produk fashion dan makanan cepat saji sehingga tidak mengurangi frekuensi perjalanan belanja dari pelaku

Kata Kunci: Belanja, Perjalanan, Perilaku, Pandemi, Karakteristik.


Full Text:

PDF

References


F. S. Sukirno and S. Harianto, “Pergeseran gaya hidup masyarakat sub urban area di kota mojokerto,” Paradigma, vol. 5, no. 1, pp. 1–9, 2017, [Online]. Available: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/18102.

J. Salim and L. S. Putranto, “Analisis Pengaruh Layanan Belanja Online Terhadap Perjalanan Berbasis Rumah Dan Tempat Aktivitas Dengan Metode Sem,” JMTS J. Mitra Tek. Sipil, vol. 3, no. 4, p. 1017, 2020, doi: 10.24912/jmts.v3i4.8420.

A. M. Juniar and J. Uci, “Belanja Online di Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus Ibu-ibu Rumah Tangga di Kota Makassar,” Emik, vol. 4, no. 1, pp. 37–51, 2021, doi: 10.46918/emik.v4i1.850.




DOI: https://doi.org/10.33365/jice.v3i02.2151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JICE : Journal of Infrastructural in Civil Engineering
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi S1 Teknik Sipil, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
W: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jice
E : jice@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
JICE is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.