SEMMUDIK : Selamat Mudik Menggunakan Helm Berbasis Internet of Things (IoT

Fika Trisnawati

Abstract


Abstrak

Berkendara motor merupakan transportasi alternatif yang murah dan lebih cepat sampai tujuan. Alternatif ini sering dipilih oleh pemudik. Keselamatan perjalanan adalah hal yang diutamakan, salah satunya pengendara wajib menggunakan helm. Pada kesempatan ini penulis mengambil tema transportasi: “Selamat mudik menggunakan helm berbasis Internet of Things (IoT)”.
Helm ini mempunyai fitur diantaranya adalah mampu berinteraksi antar pengendara satu dengan lainnya dalam cakupan lokasi yang dipresentasikan dengan google maps. Bila helm tidak digunakan dengan benar, maka mesin motor tidak bisa dihidupkan. Fitur lainnya adalah jika pengendara mengantuk helm ini memberikan peringatan untuk istirahat terlebih dahulu dan bila pengendara jatuh helm ini bisa berkomunikasi dengan Posko Mudik terdekat untuk mendapatkan pertolongan segera, serta menunjukkan lokasi kejadian.
Sistem IoT dengan objek helm yang saling terkoneksi dengan helm pengendara lainnya melalui media internet dengan interface pada device smartphone Android ini kami beri nama SEMMUDIK, tujuan sistem ini semoga para pemudik dapat selamat sampai tujuan.


Kata kunci: Mudik, Pemudik, Posko Mudik, Helm, IoT, Andorid


Full Text:

PDF

References


Junaidi, A. (2015). Internet Of Things, Sejarah, Teknologi Dan Penerapannya: Review. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan. Vol. I, No. 3

Burange, A. W., & Misalkar, H. D. (2015). Review of Internet of Things in Development of Smart Cities with Data Management & Privacy.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL ICTEE Published by Universitas Teknokrat Indonesia

Organized by Program Studi S1 Teknik Elektro
Web: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/ictee/index
Email : ictee@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung
Telepon : 0721 70 20 22

Creative Commons License
ICTEE is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jumlah Pengunjung : View My Stats 

Flag Counter