Evaluasi Aplikasi Kai Access Menggunakan Metode Moderated Usability Testing

Andra Aulia Rizaldy

Abstract


PT. Kereta Api Indonesia (Persero) adalah perusahaan yang mengelola perkeretaapian di berbagai wilayah Indonesia dan mengoperasikan kereta api untuk penumpang. Selain itu kereta api adalah alat transportasi yang digunakan untuk memindahkan atau mengantarkan orang atau barang dari suatu tempat ke tempat lain, dengan tujuan yang ditentukan oleh pelanggan atau penumpang dengan menggunakan kendaraan yang digerakkan oleh manusia serta mesin. Aplikasi KAI Access pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik moderated usability testing, pengujian usability dengan menggunakan metode kuesioner System Usability Scale(SUS) dalam mengukur tingkat kepuasan, yang diberikan setelah melakukan pengujian dengan memberikan tugas yang dikerjakan oleh responden.Hasil dari penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif Moderated usability testing menghasilkan kualitatif berupa feedback rekomendasi perbaikan sistem dari pengalaman user aplikasi KAI Access . Hasil data kuantitatif didapatkan dari hasil pengamatan metode moderated usability testing pada UX metriks, hasil dari efficiency time-based pengujian 6 task pada Aplikasi KAI Access adalah 0,8 goal/sec, dan hasil dari perhitungan SUS ditemukan 77 serta dikategorikan “Acceptable” kedalam “ Good ” atau grade “ C “.

Full Text:

PDF

References


R. Handayani, I. Rosyidi, and B. Tresnawaty, “Strategi PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dalam Mempertahankan

Aplikasi KAI Access,” J. Ilmu Hub. Masy., vol. 3, no. 4, pp. 369–388, 2020, doi: 10.15575/reputation.v3i.

A. Nioga, K. C. Brata, and L. Fanani, “Evaluasi Usability Aplikasi Mobile KAI Access Menggunakan Metode System

Usability Scale (SUS) Dan Discovery Prototyping (Studi Kasus PT KAI),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu

Komputer; Vol 4 No 10, vol. 3, no. 2, pp. 1396–1402, 2019.

A. Y. Kuntoro and T. Asra, “Klasifikasi Keluhan Pengguna Kai Access Untuk Pemesanan,” pp. 161–169, 2022.

W. Prayoga, H. Hendrayati, L. Nur, and A. Budiman, “Perilaku Konsumen dalam Pertimbangan Pembelian Tiket

Melalui KAI Access berdasarkan Kualitas Jasa, Citra Merek, Persepsi Harga,” J. Ilmu Manaj. dan Bisnis, vol. 13, no.

, pp. 17–30, 2022.

T. Wahyuningrum, C. Kartiko, and A. C. Wardhana, “Exploring e-Commerce Usability by Heuristic Evaluation as a

Compelement of System Usability Scale,” 2020 Int. Conf. Adv. Data Sci. E-Learning Inf. Syst. ICADEIS 2020, pp.

–5, 2020, doi: 10.1109/ICADEIS49811.2020.9277343.

F. S. Didin and F. Valentino, “Usability Evaluation of KAI Access Application,” IOP Conf. Ser. Earth Environ. Sci.,

vol. 537, no. 1, 2020, doi: 10.1088/1755-1315/537/1/012019.

A. C. Wardhana and G. F. Fitriana, “Perancangan aplikasi pengukuran tingkat kesiapan inovasi menggunakan user

experience lifecycle,” Teknologi, vol. 11, no. 1, pp. 34–45, 2021, doi: 10.26594/teknologi.v11i1.2067.

W. Citra, K. D. Mustika, S. S. Thya, and W. I. Yulita, “E-boarding KAI access summative usability analysis with

adoption of USE questionnaire,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1918, no. 4, p. 42134, Jun. 2021, doi: 10.1088/1742-

/1918/4/042134.

A. C. Wardhana, T. Fani, N. Adila, and K. P. Raharjo, “Perancangan Aplikasi Antrean Online Pemeriksaan Ibu Hamil

Menggunakan User Experience Lifecycle,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 4, no. 1998, pp. 1016–1023, 2020, doi:

30865/mib.v4i4.2338.

O. Alhadreti, “A Comparison of Synchronous and Asynchronous Remote Usability Testing Methods,” Int. J. Hum.

Comput. Interact., vol. 38, no. 3, pp. 289–297, 2022, doi: 10.1080/10447318.2021.1938391.

P. Khayyatkhoshnevis, S. Tillberg, E. Latimer, T. Aubry, A. Fisher, and V. Mago, “Comparison of Moderated and

Unmoderated Remote Usability Sessions for Web-Based Simulation Software: A Randomized Controlled Trial,” in

Human-Computer Interaction. Theoretical Approaches and Design Methods, 2022, pp. 232–251.

A. F. Rahmawati, T. Wahyuningrum, A. C. Wardhana, A. Septiari, and L. Afuan, “User Experience Evaluation Using

Integration of Remote Usability Testing and Usability Evaluation Questionnaire Method,” in 2022 IEEE International

Conference on Cybernetics and Computational Intelligence (CyberneticsCom), 2022, pp. 40–45. doi:

1109/CyberneticsCom55287.2022.9865664.

J. Dumas and J. Fox, “Usability Testing,” pp. 1221–1242, 2020, doi: 10.1201/b11963-62.

R. Alroobaea and P. J. Mayhew, “How many participants are really enough for usability studies?,” Proc. 2014 Sci.

Inf. Conf. SAI 2014, no. October 2017, pp. 48–56, 2014, doi: 10.1109/SAI.2014.6918171.




DOI: https://doi.org/10.33365/jictee.v3i2.2600

Refbacks



JURNAL ICTEE Published by Universitas Teknokrat Indonesia

Organized by Program Studi S1 Teknik Elektro
Web: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/ictee/index
Email : ictee@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung
Telepon : 0721 70 20 22

Creative Commons License
ICTEE is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jumlah Pengunjung : View My Stats 

Flag Counter