Penerapan Gamifikasi Pada Proses Belajar Matematika untuk Anak Sekolah Dasar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Vincent Nathaniel

Abstract


Game dan model simulasi banyak digunakan sebagai media pembelajaran untuk membekali siswa dengan pemahaman dan pelatihan. Beberapa upaya telah dilakukan untuk mengembangkan game dan mengintegrasikannya kedalam kurikulum. Serta dengan kemajuan teknologi hamper semua anak menguasai teknologi informasi dan komunikasi dengan penggunaan smartphone dalam pembelajaran .Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan gamifikasi pada proses pembelajaran guna meningkatkan motivasi dalam belajar matematika siswa sekolah dasar.Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan kajian literatur tentang pembelajaran matematika dengan model gamifikasi. Untuk mencapai hal tersebut, peneliti membuat kuisioner dengan google form dan diberikan kepada 25 siswa SD dengan menggunakan metode random sampling . Hasil tersebut akan dianalisis secara deskriptif dengan melihat kuisioner yang diberikan. Hasilnya diperoleh sebanyak 92 % siswa sd ingin mencoba sebuah game matematika dengan penerapan konsep gamifikasi dan 84% siswa SD memiliki minat kepada mata pelajaran matematika bila menggunakan konsep gamifikasi.Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa siswa dapat menyukai mata pelajaran matematika dikarenakan media pembelajaran yang memotivasi semangat belajar siswa terutama Ketika menggunakan konsep pembelajaran matematika dengan gamifikasi.


Full Text:

PDF

References


N. Nurjannah, A. B. Kaswar, and E. W. Kasim, “Efektifitas Gamifikasi Dalam Pembelajaran Matematika,” J. MathEdu (Mathematic Educ. Journal), vol. 4, no. 2, pp. 189–193, 2021, doi: 10.37081/mathedu.v4i2.2492.

I. G. M. Darmawiguna, G. S. Santyadiputra, and G. A. Pradnyana, “Pelatihan Implementasi Gamifikasi dalam Pembelajaran dengan Platform Kahoot bagi Guru di SMK Negeri 1 Nusa Penida,” Pros. SENADIMAS ke-4, pp. 967–972, 2019.

M. Takdir, “Kepomath Go ‘ Penerapan Konsep Gamifikasi Dalam Pembelajaran Matematika Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa ,’” Penelit. Pendidik. Insa., vol. 20, pp. 1–6, 2017.

P. A. Sunarya, U. Rahardja, Q. Aini, and A. Khoirunisa, “Implementasi Gamification Sebagai Manajemen Pendidikan Untuk Motivasi Pembelajaran,” Edutech, vol. 18, no. 1, p. 79, 2019, doi: 10.17509/e.v18i1.14697.

M. G. Ristiana and J. A. Dahlan, “Pandangan Mahasiswa Calon Guru Dalam Penggunaan Model Gamifikasi Dalam Pembelajaran Matematika,” JPMI (Jurnal Pembelajaran Mat. Inov., vol. 4, no. 1, pp. 127–136, 2021, doi: 10.22460/jpmi.v4i1.127-136.




DOI: https://doi.org/10.33365/jictee.v3i2.2300

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL ICTEE Published by Universitas Teknokrat Indonesia

Organized by Program Studi S1 Teknik Elektro
Web: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/ictee/index
Email : ictee@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung
Telepon : 0721 70 20 22

Creative Commons License
ICTEE is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jumlah Pengunjung : View My Stats 

Flag Counter