APLIKASI PENGELOLAAN SURAT ELEKTRONIK BERBASIS WEB PADA PKBM PAJA MANDIRI TANGERANG

Arief Herdiansah, Yani Sugiyani, Syepry Maulana Husein, Alifah Alifah

Abstract


Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Paja Mandiri merupakan salah satu LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) yang bergerak dibidang Pendidikan non-formal. Dalam operasional aktifitas  proses belajar mengajar di PKBM Paja Mandiri tentunya tidak terlepas pada proses pengelolaan surat masuk dan surat keluar serta dokumen pendukung lainnya. Metode aktifitas pengabdian yang peneliti lakukan adaah dengan observasi dan wawancara dengan beberapa staf di PKBM Paja Mandiri dan hasilnya ditemukan informasi bahwa saat ini proses penanganan dan pengelolaan surat masuk, surat keluar dan dokumen lainnya masih dilakukan secara konvensional. Permasalahan yang terjadi antara lain, dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk menemukan kembali dokumen yan telah disimpan, karena permasalahan salah dalam penempatan dokumen tersebut. Oleh karena itu peneliti mencoba merancang aplikasi e-filing (pengarsipan secara elektronik) mengunakan UML dan mengembangkannya menggunakan bahasa pemrograman PHP. Penelitian ini telah menghasilkan sebuah sistem e-filing yang dapat digunakan untuk membantu pengelolaan surat masuk dan surat keluar di PKBM Paja Mandiri Tangerang

Full Text:

PDF

References


ANRI. (2015). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2009 Tentang Kearsipan dan PP Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan UU Nomor 43 Tahun 2009 Tentang Kearsipan. P3K ANRI.

Ayub, D., Baheram, M., & Achmad, S. (2014). Tanggung Jawab Pengelola Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dalam Melaksanakan Kegiatan Pendidikan Nonformal di Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau. Jurnal Pendidikan Univ Riau, 5(2), 106–114.

Fitriawati, N., Herdiansah, A., & Gunawan, A. (2019). Sistem Informasi Program Keluarga Harapan Studi Kasus Kecamatan Kosambi Tangerang. Jurnal Teknik Informatika (JIKA) Universitas Muhammadiyah Tangerang, 3(2), 21–26.

Gelinas, J.U; Dull, Richard B; Wheeler, P. R. (2012). Accounting Information Systems (1st ed.). Cengage Learning.

Handayani, T., Herdiansah, A., Hariyani, N., Nugroho, T., & Informatika, T. (2020). Sistem Informasi Simpan Pinjam Studi Kasus Koperasi Kodanua Serang. Jurnal Teknik Informatika (JIKA) Universitas Muhammadiyah Tangerang, 4(1), 14–19.

Herdiansah, A. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Referensi Pemilihan Tujuan Jurusan Teknik di Perguruan Tinggi Bagi Siswa Kelas XII IPA Menggunakan Metode AHP. Jurnal MATRIK, 19(2), 223–234. https://doi.org/https://doi.org/10.30812/matrik.v19i2.579

Mustofa, K. (2010). Model Pendidikan dan Pelatihan; Konsep dan Aplikasi (1st ed.). Alfabeta.

Romney, M., & Steinbart, P. J. (2011). Sistem Informasi Akuntansi (D. Arnos Kwary & D. Fitriasari (eds.); 9th ed.). Salemba Empat.

Utari D, R., & Wibowo, A. (2013). Penanganan Arsip Secara Elektronik: Inovasi Bidang Administrasi Perkantoran Dalam Usaha Pelestarian Lingkungan. Seminar Nasional Teknologi Terapan - Sekolah Vokasi UGM, 1(1), 131–135




DOI: https://doi.org/10.33365/jsstcs.v2i1.941

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Arief Herdiansah, Yani Sugiyani, Syepry Maulana Husein, Alifah Alifah





Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat)  - Universitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JSSTCS/index
E : abdimas@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View My Stats