PELATIHAN PENANGANAN CIDERA OLAHRAGA DI SMA NEGERI 1 PRINGSEWU

Eko Bagus Fahrizqi, Rachmi Marsheilla Aguss, Rizki Yuliandra

Abstract


Kegiatan olahraga dengan cedera, terutama bagi para olahragawan atau atlet. Untuk itu kita harus berhati – hati dalam berolahraga agar tidak mengalami cedera. Sebelum berolahraga atau bermain usahakan melakukan pemanasan terlebih dahulu, kemudian setelah selesai melakukan pendinginan. Untuk mengurangi resiko terjadinya cedera. Cedera olahraga diartikan sebagai cedera yang terjadi akibat kegiatan olahraga baik secara langsung atau tidak langsung, yang mengenai sistem muskuloskeletal dan semua sistem atau organ lain yang memengaruhinya sehingga menimbulkan gangguan fungsi sistem tersebut.

Ekstrakurikuler yang ada banyak di ikuti oleh siswa. Beberapa siswa yang bersekolah ada yang berlatar belakang atlet. Selain kegiatan latihan disekolah ada juga yang berlatih diluar jadwal sekolah. Sehingga dengan padatnya jadwal latihan tersebut, kurang lebih mempengaruhi kondisi badan. Banyak nya cedera olahraga dilapangan yang tidak ditangani dengan benar. Sport massage merupakan sebuah keahlian yang digunakan sebagai penanganan cedera pada olahraga. Oleh karena itu sport massage dapat digunakan sebagai alat terapi baik untuk pencegahan, kesehatan, dan penyembuhan penyakit. Dikarenakan masih banyak atlet kurang pengetahuan tentang penanganan cedera olahraga melalui sport massage. Berdasarkan kenyataan di atas, tim pengabdi merasa perlu untuk memberikan keterampilan massage bagi siswa yang mengikuti ekstrakurikuler Olahraga di SMAN 1 Pringsewu.

Tujuan dari pengabdian pada masyarakat ini adalah: (1) Memberi bekal pengetahuan dan teori tentang massage bagi siswa yang mengikuti ekstrakurikuler Olahraga di SMAN 1 Pringsewu., (2) Membekali keterampilan massage untuk pencegahan, kesehatan, dan penyembuhan pada siswa yang mengikuti ekstrakurikuler Olahraga di SMAN 1 Pringsewu.


Full Text:

PDF

References


Fondy, Tommy. (2012). Merawat dan Mereposisi Cedera Tubuh. Jakarta.

Komariya, M.Pd. Dra. Lilis. (2010).Modul Pencegahan dan Perawatan Olahraga.

Riyadi,Slamet, dkk. (2010). Massage Terapi Cidera Olahraga.Yuma Pustaka.

Wijanarko, Bambang, dkk. (2010). MassageTerapi Cedera Olahraga. Surakarta: Yuma Perkasa.

Syampurma, Hilmainur. (2020). Pelatihan Cedera Massage Nasional Tingkat 1. Journal Berkarya Pengabdian kepada Masyarakat 2(1), 39-38




DOI: https://doi.org/10.33365/jsstcs.v2i1.876

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Eko Bagus Fahrizqi, Rachmi Marsheilla Aguss, Rizki Yuliandra





Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat)  - Universitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JSSTCS/index
E : abdimas@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View My Stats