Pendampingan Komunitas Belajar Mini Produktif SDN Kolpajung 2 Pamekasan Melalui E-Kombel Sebagai Upaya Mewujudkan Ekosistem Pendidikan Inklusif
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Aditiya, N., Fatonah, S., Sunan, N., & Yogyakarta, K. (2023). Upaya Mengembangkan Kompetensi Guru Penggerak di Sekolah Dasar Pada Kurikulum Merdeka Belajar Efforts to Develop The Competence of Mobile Teacher in Elementary Schools in The Independent Learning Curriculum. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(2), 108–116.
Anshori, S. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. “Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya.”
Arriani, F. (2022). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Inklusif. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Barlian, U. C., Solekah, S., & Rahayu, P. (2022). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. Journal of Educational and Language Research, 1(12).
Hudson, C. (2023). A Conceptual Framework for Understanding Effective Professional Learning Community (PLC) Operation in Schools. Journal of Education. https://doi.org/10.1177/00220574231197364
Khasawneh, Y. J. A., Alsarayreh, R., Ajlouni, A. A. Al, Eyadat, H. M., Ayasrah, M. N., & Khasawneh, M. A. S. (2023). An examination of teacher collaboration in professional learning communities and collaborative teaching practices. Journal of Education and E-Learning Research, 10(3), 446–459. https://doi.org/10.20448/jeelr.v10i3.4841
Machmudah, M. (2022). Pelatihan & Pendampingan Pengembangan Pembelajaran Literasi Sosial Budaya Sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 3(2), 520–526.
Mahendra, Y. I., Mus, S., & Wahira, W. (2023). Perencanaan Berbasis Data Pada Pelaksanaan Program Sekolah Penggerak Di Upt Smpn 9 Binamu Kabupaten Jeneponto. Journal on Education.
Nursalim, P., & Andini, N. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Otimalisasi Kampung Klasmelek Mandiri. Jurnal Abdimasa Pengabdian Masyarakat, 3(2).
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431
Rani, P. R. P. N., Asbari, M., Ananta, V. D., & Alim, I. (2023). Kurikulum Merdeka: Transformasi Pembelajaran yang Relevan, Sederhana, dan Fleksibel. Journal Of Information Systems And Management, 02(06). https://jisma.org
Ritonga, R., Harahap, R., Adawiyah, R., Hammamah Harahap, H., Studi Hukum Keluarga Islam, P., Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal, S., Keguruan dan Ilmu Pendidikan, F., Belajar, K., Penggerak, S., & Pendidikan, S. (2023). Penguatan sekolah penggerak dalam optimalisasi peran komunitas belajar. Journal of community dedication and development, 3(2). https://jurnal.stain-madina-ac.id/index.php/jcdd/index
Sakdiyah, K. (2023). Meningkatkan Kualitas Pendidikan Inklusif Melalui Bisnis Digital dan Kolaborasi Komunitas. In Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education (Vol. 13, Issue 4). Modestum LTD. https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00662a
Sunarmi, & Karyono, H. (2023). Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(2), 1613–1620.
Wijaya, H., Ernawati, T., Nahdi, K., H. Gani, R., & Supratmi, N. (2023). Menggali Potensi Calon Guru Penggerak Melalui Kegiatan Lokakarya. Lamahu: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintegrasi, 2(2), 77–84. https://doi.org/10.34312/ljpmt.v2i2.21087
Zayyadi, M., Lanya, H., Linarsih, Y., & Saputra, A. (2023). Pendampingan Sekolah Inklusi Melalui Media Ethno Web Digital Dalam Implementasi Pembelajaran Berdiferensi Dan Penguatan Profil Belajar Pancasila. Patikala: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 799–807. https://etdci.org/journal/patikala/
Zayyadi, M., Lanya, H., Linarsih, Y., & Saputra, A. (2024). Pendampingan implementasi media ethno web digital di SDN Gladak Anyar 2 pamekasan. Jurnal terapan abdimas, 9(1), 118–125.
Zayyadi, M., Supardi, L., & Misriyana, S. (2017). Pemanfaatan Teknologi Komputer Sebagai Media Pembelajaran Pada Guru Matematika. Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo, 1(2), 25. https://doi.org/10.35334/jpmb.v1i2.298
Zayyadi, M., Syahroni, A. W., Lanya, H., & Halim, D. (2022). Aplikasi Pendukung Kegiatan Belajar Mengajar (Kbm) Sebagai Optimalisasi Program Merdeka Belajar Di Sekolah. Pattimura Mengabdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 1–10. https://www.researchgate.net/publication/371177991
DOI: https://doi.org/10.33365/jsstcs.v5i2.4733
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Moh Zayyadi, Harfin Lanya, Yanti Linarsih, Muhammad Umar Mansyur, Tsalitsatur Rizqiyah, Nabillah Ayuditya Rochmadyan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) - Universitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JSSTCS/index
E : abdimas@teknokrat.ac.id.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats