Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Digital Memanfaatkan Aplikasi Flip PDF Professional Bagi Guru di MTS Negeri 1 Lampung Timur

pika merliza

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat ini berupa pelatihan pembuatan bahan ajar digital dengan memanfaatkan aplikasi Flip PDF Professional. Metode kegiatan pengabdian yakni participatory action research (PAR). Subjek pengabdian terdiri dari 30 guru berbagai bidang studi di MTS Negeri 1 Lampung Timur. Hasil dari kegiatan pengabdian yakni: 1) peningkatan pemahaman guru dalam pembuatan bahan ajar digital khususnya dengan menggunakan flip pdf professional; 2) meningkatan kompetensi guru dalam pembuatan bahan ajar digital menggunakan flip pdf professional yang disertai kumpulan materi ajar yang menarik dan interaktif seperti penyediaan fitur running text, suara, music, video serta terintegrasi dengan platform pembelajaran lainnya seperti youtube, googleform, bank soal kementerian dan platform pembelajaran menarik lainnya.


Full Text:

PDF

References


Ambarita, J., Helwaun, H., & Houten, L. Van. (2021). Workshop Pembuatan E-book Sebagai Bahan Ajar Elektronik Interaktif Untuk Guru Indonesia Secara Online di Tengah Covid 19. Community Engagement @ Emergence Journal, 2(1), 44–57.

Arief, R., Nugroho, W., & Himawati, D. (2021). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Online Pembuatan Video Pembelajaran Berpotensi HKI. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 53–66.

Kusnandi. (2017). Konsep Dasar dan Strategi Penjaminan Mutu Pendidikan: Sebagai Review Kebijakan Mutu Pendidikan. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 1(2), 107–118.

Merliza, P., & Retnawati, H. (2018). Continuing professional development ( CPD ) for junior high school mathematics teachers : An evaluation study. REiD (Research and Evaluation in Education), 4(1), 79–93.

Parkay, F. W., & Stanford, B. H. (2010). Becoming a teacher. Pearson Education Ltd.

Salim, Arvyaty, Kadir, Sudia, M., Prajono, R., & Mursidin, T. (2020). Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Digital Menggunakan Whiteboard Animation Pada Guru SMP. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 82–92.

Setyaningsih, N. D., & Asnawi, N. (2021). Meningkatkan perekonomian masyarakat melalui koperasi syariah: pendekatan participatory action research. Khidmatuna: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 124–143.

Suleha, Hanafi, M., Jumiati, & Nadira. (2020). Pelatihan dan Pendampingan Guru dalam Mendesain Bahan Ajar Berbasis Digital di SMAN 10 Sidrap. MALLOMO: Journal of Community Service, 1(1), 50–55.

Suryana, S. (2020). Permasalahan Mutu Pendidikan Dalam Perspektif Pembangunan Pendidikan. Edukasi, 14(1). https://doi.org/10.15294/edukasi.v14i1.971

Utami, S. (2019). Meningkatkan mutu pendidikan Indonesia melalui peningkatan kualitas personal, profesional, dan strategi rekrutmen guru. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 518–527.

Widya, Zaturrahmi, Muliani, D. E., Yusmanila, E. S. I., & Nurpatri, Y. (2021). PELATIHAN PEMBUATAN BAHAN AJAR DIGITAL MENGGUNAKAN APLIKASI PENDAHULUAN Latar Belakang SMP Negeri 41 Padang merupakan salah satu SMP termuda di Kota Padang . SMP Negeri 41 Padang baru memulai operasional pada tahun akademik 2017 [ 1 ]. Awalnya SMP ini mer. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 4(3), 183–189.




DOI: https://doi.org/10.33365/jsstcs.v5i1.3817

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 pika merliza

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat)  - Universitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JSSTCS/index
E : abdimas@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View My Stats