Pelatihan Desain Berbasis Canva dalam Upaya Pengembangan Kreativitas Pelajar di Kawasan Rt 05 Balikpapan Selatan

Luh Made Wisnu Satyaninggrat, Primadina Hasanah

Abstract


Di wilayah Daksa Timur Sepinggan di Balikpapan Selatan, banyak siswa SMA/SMK dan setara yang masih kurang dalam pengetahuan dan penggunaan teknologi informasi, terutama dalam menggunakan aplikasi Canva. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar siswa-siswa tersebut dapat mahir dalam mendesain menggunakan Canva, yang akan membantu dalam kegiatan belajar mereka dan juga meningkatkan keterampilan mereka untuk masa depan di dunia kerja. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan ini meliputi identifikasi masalah, merumuskan solusi, persiapan, dan implementasi. Terdapat peningkatan pemahaman tentang aplikasi Canva di kalangan pelajar RT 05 sebesar 73%, dan juga terlihat bahwa mereka dapat menerapkan prinsip-prinsip dasar desain grafis dalam membuat tata letak yang estetis dan menggunakan elemen visual yang menarik. Sebanyak 83% responden sangat puas dan 17% puas dengan adanya pelatihan Aplikasi Canva.

Full Text:

PDF

References


Lodjo, F. (2013). Pengaruh Pelatihan, Pemberdayaan dan Efikasi Diri Terhadap Kepuasan Kerja. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 1 No.3.

Nurmalina, Rahila, C. D., Surbakti, A. H., Wahyuningsih, S. K., & Batubara, M. H. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Mahasiswa. Jurnal Pengabdian Masyarakat As-Salam (JPMA), 48-53.

Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. J. Pendidik. Ekon. Undiksha, 317-327.

Robert, M., & John, J. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.

Trisnawati, W., Lubis, E., & Qurniati, A. (2022). Penerapan Adaptasi Teknologi (Microsoft Word dan Power Point) di SDN 31 Rejang Lebong. Jurnal Pengabdian Masyarakat Mandira Cendikia, 8-14.

Wijaya, N., Irsyad, H., & Taqwiym, A. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Canva dalam Mendesain Poster. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Fordicate(Informatics Engineering Dedication), 192-199.




DOI: https://doi.org/10.33365/jsstcs.v5i1.3639

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Luh Made Wisnu Satyaninggrat, Primadina Hasanah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat)  - Universitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JSSTCS/index
E : abdimas@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View My Stats