Pendampingan Les Membaca Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa di MI Al-Muhajir Kereng Pangi

Aisyah Syah

Abstract


Kemampuan  literasi membaca merupakan komponen yang sangat penting dalam kegiatan belajar. Tetapi masih banyak siswa yang memiliki kemampuan rendah dalam membaca. Kesulitan membaca yang dialami siswa yaitu mengenali huruf yang sama, mengeja, bahkan ada yang sama sekali belum bisa mengeja. Untuk mengatasi kondisi tersebut perlu adanya kegiatan les membaca. Kegiatan les membaca ini dilaksakan di MI Al-Muhajir Kereng Pangi yang bertujuan untuk meningkatkan kemampun literasi membaca siswa. Siswa yang megikuti kegiatan les membaca ini  yang kemampuan membacanya rendah mulai dari kelas II sampai dengan kelas IV di MI Al-Muhajir.  Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif, untuk mengumpulkan informasi pada kegiatan les membaca. Kegiatan les membaca ini dilakukan mulai bulan awal bulan Juli sampai dengan bulan akhir bulan September 2023 sampai dengan awal bulan oktober. Kegiatan les membaca ini untuk meningktkan kemampuan literasi membaca siswa.

Full Text:

PDF

References


Harianto, E. (2020). “Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa.” Jurnal Didaktika, 9(1), 2. https://jurnaldidaktika.org/

Ika Maryani, Laila Fatmawati, Vera Yuli Erviana, Muhammad Nur Wangid, A. M. (2020). Analisis kesulitan membaca permulaan siswa kelas rendah. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 286–289. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID

Putro, A. H., & Sa’diyah, H. (2022). Peningkatan Literasi Siswa Melalui Program Les Privat Calistung dan Pohon Literasi di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(2), 72–79. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v22i2.1396

Rohim, C. D., & Rahmawati, S. (2020). Peran Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Sekolah Dasar Negeri. Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 2.

Setyawan, I. A. (2020). Penguatan literasi di era digital. Prosiding Seminar Nasional PBSI-III Tahun 2020, 35–38. https://www.nfra.ac.uk/publication/FUTL06/FUTI.06.pdf

Susilawati, S. (2020). Pembelajaran yang Menumbuhkembangkan Karakter Religius pada Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 3(1), 14–19. https://doi.org/10.31004/aulad.v3i1.46

Widya Kusuma, M. dkk. (2022). Pentingnya Penerapan Budaya Literasi Membaca dan Menulis Terhadap Prestasi Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(20), 1349–1358.




DOI: https://doi.org/10.33365/jsstcs.v5i1.3637

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Aisyah Syah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat)  - Universitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JSSTCS/index
E : abdimas@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View My Stats