Peningkatan Pemahaman Ekonomi Kreatif Pada Generasi Z di Kota Semarang

Moeljono Moeljono, Enggar Dhian Pramtamanti, Ganda Januarta, Masine Slahanti

Abstract


Kegiatan pengabdian ini dilakukan untuk memberikan pemahaman masalah ekonomi kreatif bagi Generasi muda, yang tergabung pada Generasi Muda Gereja Bethel Indonesia (GBI) Cabang Jomblang. Seperti diketahui bahwa Istilah Ekonomi kreatif berkembang dari konsep modal berbasis kreatifitas yang dapat berpotensi meningkatkan pertumbuhan ekonomi disuatu daerah. Dengan istilah tersebut bahwa ekonomi kreatif sebenarnya menjawab akan kelangkaan sumber daya factor-faktor produksi yang semakin terbatas.  Adapun yang menjadi sasaran Program pengabdian ini adalah para generasi Z. Karena Produk ekonomi kreatif adalah produk yang khas, unik, dan berbeda dengan produk lainnya. Sehingga sangat layak apabila dilakukan oleh para generasi Z yang merupakan usia produktif dan merupakan populasi terbesar saat ini di Indonesia. Generasi Z sering disebut 'Zillennials', memiliki ciri khas tersendiri, yakni fasih dalam teknologi digital, berorientasi pada nilai-nilai progresif, dan memiliki hasrat untuk perubahan social. Generasi muda terutama Generasi Z dan Post Gen Z mempunyai peluang yang sangat besar menjadi bagian dari pembangunan ekonomi kreatif, dengan adanya kemajuan teknologi dan era digital, kaum muda dapat membuka potensi dirinya berkembang untuk mencapai sukses dengan mendukung ekonomi kreatif, karena generasi tersebut lahir diera industry teknologi berkembang dengan pesat disamping itu orientasi sifat dari Generasi Z dan Post Gen Z pada uang akan akan menambah motifasi bagi mereka mencari uang dengan memanfaatkan teknologi. Metode pelakasaan dengan menggunakan ceramah dan diskusi, Adapun hasil dari kegiatan ini adalah bahwa para generasi muda mampu dan memahami tentang konsep ekonomi kreatif yang disampaikan.


Full Text:

PDF

References


Annur, C. M. (2023, July 13). Penduduk Indonesia Tembus 278 Juta Jiwa hingga Pertengahan 2023. Kata Data.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/07/13/penduduk-indonesia-tembus-278-juta-jiwa-hingga-pertengahan-2023

BBC News Indonesia. (2017). Benarkah milenial adalah generasi paling narsis? . BBC News Indonesia. https://www.bbc.com/indonesia/vert-fut-42105488

Drucker, P. F. (1985). Enterpreneurial strategies. California Management Review, 27(2).

Efendi, F. U. (2020). Ekonomi Kreatif Sebagai Wadah Generasi Muda Berkarya. Stishusnulkhotimah.Ac.Id. https://stishusnulkhotimah.ac.id/2020/11/16/ekonomi-kreatif-sebagai-wadah-generasi-muda-berkarya/

Hardika, Aisyah, E. N., & Gunawan Imam. (2018). Transformasi-Belajar-Generasi-Milenial (1st ed., Vol. 1). Universitas Negeri Malang.

Howkins, J. (2001). The Creative Economy : How People Make Money from Ideas. Penguin Press.

Kim, A., McInerney, P., Smith, T. R., & Yamakawa, N. (2020, June 29). What makes Gen Z in Asia different? | McKinsey. Mckinsey.Com. https://www.mckinsey.com/capabilities/growth-marketing-and-sales/our-insights/what-makes-asia-pacifics-generation-z-different#/

Kumparan, E. (2023, June 31). Demografi Generasi Z di Indonesia beserta Karakteristiknya | kumparan.com. Kumparan.Com. https://kumparan.com/pengetahuan-umum/demografi-generasi-z-di-indonesia-beserta-karakteristiknya-20tlbbulJsL/full

Laili Masfiah, A., Rohman, Mh. T., Amelia Amanda, P., & Firdaus Zahro, S. (2022). Peluang Pengembangan Ekonomi Kreatif di Era Society 5.0 bagi Generasi Milenial. Risalah Iqtisadiyah: Journal of Sharia Economics, 1(1), 26–34. https://doi.org/10.59107/ri.v1i1.21

Maslow, A. H., Stephens, D. C., & Heil, G. (1998). Maslow on management. John Wiley.

Pascasuseno, Agus. (2014). Ekonomi Kreatif: Kekuatan Baru Indonesia Menuju 2025. Bedah Cetak Biru Ekonomi Kreatif:

Undang- Undang Nomor 24 Tahun 2019 Tentang Ekonomi Kreatif, Pub. L. No. 24, Pemerintah Republik Indonesia (2019). www.peraturan.go.id

Pineda, K. (2020). Generation Create? Gen Z Might Be The Most Creative Generation Yet, . USAtoday.Com. https://www.google.com/search?client=firefox-b-d&q=Pineda%2C+K.+2020.+Generation+Create%3F+Gen+Z+Might+Be+The+Most+Creative+Generation+Yet%2C

Rakhmah, D. N. (2023, February 4). Gen Z Dominan, Apa Maknanya bagi Pendidikan Kita? Pskp.Kemdikbud.Go.Id. https://pskp.kemdikbud.go.id/produk/artikel/detail/3133/gen-z-dominan-apa-maknanya-bagi-pendidikan-kita

Sari, A. P., Pelu, M. F. A. R., Dewi, I. K., Ismail, M., Siregar, R. T., Mistriani, N., Marit, E. L., Killa, M. F., Purba, B., & Lifchatullaillah, E. (2020). Ekonomi Kreatif. Yayasan Kita Menulis.

Smith, A. (1776). An Inquiry into the Nature and Causes of the Wealth of Nations. Methuen & Co. LTD.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (1st ed., Vol. 1). Alfabeta.

Uno, S. (2023, October 23). Siaran Pers: Menparekraf: Tenaga Kerja Sektor Ekonomi Kreatif Terbukti Lebih Cepat Pulih dari Pandemi. Kemenparekraf.Go.Id. https://kemenparekraf.go.id/berita/menparekraf-tenaga-kerja-sektor-ekonomi-kreatif-terbukti-lebih-cepat-pulih-dari-pandemi




DOI: https://doi.org/10.33365/jsstcs.v5i1.3526

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Moeljono Moeljono, Enggar Dhian Pramtamanti, Ganda Januarta, Masine Slahanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat)  - Universitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JSSTCS/index
E : abdimas@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View My Stats