Pelatihan Pembuatan Poster Menggunakan Coreldraw Di SMA Negeri 1 Talun

Rafika Akhsani, Moch kholil, Ismanto Ismanto, Heri Priya Waspada, Ibnu Athailah, Muchamad Saiful Muluk, Kinanti Charisma

Abstract


Desain grafis merupakan suatu bentuk komunikasi yang memanfaatkan suatu gambar sebagai media dalam menyampaikan pesan. Dengan pemanfaatan desain grafis, kita dapat menyampaikan pesan dengan mudah dipahami. Salah satu bentuk produk dari desain grafis adalah poster. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah memberikan pengetahuan kepada peserta (siswa/siswi SMAN 1 Talun) tentang pengenalan tentang prinsip dasar desain dan teori psikologi warna serta memberikan pelatihan tentang pembuatan desain poster dengan menggunakan CorelDraw. Kegiatan PKM yang berjudul pelatihan pembuatan poster menggunakan coreldraw di SMAN 1 Talun dilakukan secara tatap muka di laboratorium komputer SMAN 1 Talun. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 09 Maret 2023 berlangsung mulai pukul 08:00 WIB sampai dengan pukul 15:00 WIB. Metode yang digunakan pada kegiatan PKM ini adalah metode ceramah, diskusi dan workshop (pelatihan).  Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan PKM menunjukkan bahwa 97,22% (35 peserta dari 36 peserta) peserta mengalami peningkatan pengetahuan dan kemampuan melakukan desain poster setelah mengikuti pelatihan ini.

Full Text:

PDF

References


Agustina, Rini. 2017. “PELATIHAN DESAIN GRAFIS UNTUK PERANGKAT DESA DALAM RANGKA PENINGKATAN SDM DI DESA NGAWONGGO KECAMATAN TAJINAN KAB. MALANG.” Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang 2(1). https://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jpkm/article/view/1289 (August 2, 2023).

Bino Evin, Cakra, and Aristarkus Didimus Rumpak. 2019. “Analisis Pengembangan Desain Grafis Dalam Aplikasi Photoshop Sebagai Peluang Bisnis Mahasiswa Institut Bisnis Dan Multimedia Asmi.” Jurnal SISTEM INFORMASI 1(2): 33–40. www.journal.ibmasmi.ac.id.

Rifda, Arum. 2022. “Desain Grafis: Pengertian, Jenis, Dan Tugasnya - Best Seller Gramedia.” https://www.gramedia.com/best-seller/desain-grafis/ (March 27, 2023).

“Sejarah – SMAN 1 Talun.” https://sman1talun.sch.id/web/profil/sejarah/ (March 27, 2023).

Subari, Wisnu Arto. 2022. “Pengertian Desain Grafis, Kategorinya, Dan Desainer Grafis.” https://mediaindonesia.com/teknologi/524146/pengertian-desain-grafis-kategorinya-dan-desainer-grafis (August 2, 2023).

Yahya, Fahmi et al. 2020. “Pelatihan Desain Grafis Untuk Kelompok Pemuda Kreatif Desa Gontar Kecamatan Alas Barat Kabupaten Sumbawa.” Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat 3(2).




DOI: https://doi.org/10.33365/jsstcs.v4i2.3216

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 : Rafika Akhsani, Moch. Kholil, Ismanto, Heri Priya Waspada, Ibnu Athailah, Muchamad Saiful Muluk, Kristinanti Charisma

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat)  - Universitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JSSTCS/index
E : abdimas@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View My Stats