Pelatihan Canva sebagai Media Pembelajaran di SMA N 5 Metro

Raras Kartika Sari, Intan Hamzah, Silvia Marta Wijaya, Abiyyu Marta Ikbarfikri

Abstract


Kegiatan dilaksanakan untuk memberikan pelatihan pemanfaatan Canva sebagai media pembelajaran di SMA N 5 Metro. Tujuan dari pelaksanaan pelatihan ini adalah untuk memberikan pelatihan pembuatan media pembelajaran dengan menggunakan Canva. Kegiatan pelatihan dilaksanakan oleh Tim PkM dari Universitas Teknokrat Indonesia kepada guru-guru di SMA N 5 Metro. Pelatihan dilaksanakan dengan tahapan pertama yaitu melakukan survey lapangan, memberikan materi pelatihan Canva, praktik pembuatan media pembelajaran dengan menggunakan Canva dan memberikan angket persepsi guru terhdap pelatihan pemanfaatan Canva untuk pembelajaran. Rata-rata 96% guru memberikan respon positif terhadap pelaksanaan pelatihan Canva sebagai media pembelajaran. Guru sangat setuju bahwa Canva sangat mempermudah membuat media pembelajaran; Canva mudah untuk digunakan. Canva dapat digunakan untuk membuat media yang lebih kreatif dan inovatif, media hasil desain menggunakan Canva akan disukai peserta didik; dan mendesain media pembelajaran dengan memanfaatkan Canva lebih efisien digunakan dibandingkan media konvensional.


Full Text:

PDF

References


Astuti, D. P., Muslim, A., & Bramasta, D. (2020). Analisis Persiapan Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Di Kelas IV SD Negeri Jambu 01. Jurnal Wahana Pendidikan, 7(2), 185-192.

Awaliah, L. N. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Matematika. In Prosiding Galuh Mathematics National Conference (GAMMA NC).

Fitriani, F., Faisol, A., Wamiliana, W., Chasanah, S. L., & Kurniasari, D. (2022). Pelatihan Canva Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Bagi Guru-Guru SMK Di Bandar Lampung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) TABIKPUN, 3(3), 193-202.

Hudayanti, D. V. F. T. (2022). Pemanfaatan Canva Sebagai Modul Digital Interaktif Matematika untuk Mengoptimalkan Pembelajaran Jarak Jauh. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(7), 853-859.

Irkhamni, I., Izza, A. Z., Salsabila, W. T., & Hidayah, N. (2021). Pemanfaatan Canva Sebagai E-Modul Pembelajaran Matematika terhadap Minat Belajar Peserta Didik. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, 2, 127-134.

Myori, D. E., Chaniago, K., Hidayat, R., Eliza, F., & Fadli, R. (2019). Peningkatan kompetensi guru dalam penguasaan teknologi informasi dan komunikasi melalui pelatihan pengembangan media pembelajaran berbasis android. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 5(2), 102-109.

Nugraha, D. A., & Sudiyono, S. (2018). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Autoplay Media Studio Bagi Guru-Guru Sdn Merjosari 1. Jurnal Terapan Abdimas, 3(2), 182-187.

Nurhayati, N., Vianty, M., Nisphi, M. L., & Sari, D. E. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Desain dan Produksi Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva for Education bagi Guru Bahasa di Kota Palembang. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 171-180.

Purba, Y. A. (2022). Pemanfaatan aplikasi canva sebagai media pembelajaran matematika di smpn 1 na ix-x aek kota batu. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1325-1334.

Resmini, S., Satriani, I., & Rafi, M. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi canva sebagai media pembuatan bahan ajar dalam pembelajaran bahasa inggris. Abdimas Siliwangi, 4(2), 335-343.

Rohma, A., & Sholihah, U. (2021). Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva Materi Bangun Ruang Limas. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(3), 292-306.

Shalikhah, N. D. (2016). Pemanfaatan Aplikasi Lectora Inspire sebagai Media Pembelajaran Interaktif. Cakrawala: Jurnal Studi Islam, 11(1), 101-115.

Syahputri, N. (2018). Rancang bangun media pembelajaran matematika sekolah dasar kelas 1 menggunakan metode demonstrasi. Jurnal sistem informasi kaputama (JSIK), 2(1).

Tambunan, L., & Tambunan, J. (2023). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Matematika Berbantuan Aplikasi Canva pada Materi Grafik Fungsi Eksponen dan Logaritma. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1029-1038.

Zebua, N. (2023). Potensi Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Praktis Guru dan Peserta Didik. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 229-234.




DOI: https://doi.org/10.33365/jsstcs.v4i2.3115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 : Raras Kartika Sari, Intan Hamzah, Silvia Marta Wijaya, Abiyyu Marta Ikbarfikri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat)  - Universitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JSSTCS/index
E : abdimas@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View My Stats