UMKM merupakan bagian dari perekonomian nasional yang memiliki kemandirian dan berpotensi besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, jumlah UMKM saat ini mencapai 64,19 juta dengan kontribusi terhadap PDB sebesar 61,97% atau senilai 8.573,89 triliun rupiah. Kontribusi UMKM terhadap perekonomian Indonesia meliputi kemampuan menyerap 97% dari total tenaga kerja yang ada serta dapat menghimpun sampai 60,4% dari total investasi (bkpm.go.id). Adanya kemajuan teknologi membuat para pelaku usaha kini bisa memulai bisnisnya dan mengembangkannya melalui bantuan teknologi. Oleh karena itu, sangat tepat untuk memberikan pelatihan mengenai strategi pemasaran yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa yang dimiliki UMKM. Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilakukan dengan memfokuskan pada strategi desain kemasan secara mendalam yang meliputi pentingnya desain kemasan, unsur-unsur penting dalam kemasan, dan cara membuat kemasan yang menarik di era saat ini. Dengan demikian diharapkan, UMKM yang ada di Kelurahan Labuhan Dalam memiliki strategi desain kemasan yang menarik serta mampu meningkatkan aktivitas perekonomian di Kelurahan Labuhan Dalam
Herydiansyah, G., Candera, M., & Pahlevi, R. (2019). Penyuluhan Pentingnya Label Pada Kemasan Produk Dan Pajak Pada Usaha Kecil Menengah (UKM) Desa Tebedak II Kecamatan Payaraman Ogan Ilir. Suluh Abdi : Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 84–89.
Nugrahani. r. (2015). Peran Desain Grafis Pada Label Dan Kemasan Produk Makanan UMKM. Imajinasi: Jurnal Seni, 9(2), 127–136. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/imajinasi/index
Oemar, A. dan. (2017). Perencanaan Desain Kemasan Peppy’s Snack Surabaya. Jurnal Seni Rupa, 5(3), 584–590.
Sasongko, D. (2020). UMKM Bangkit, Ekonomi Indonesia Terungkit. 2, 8–11.