Pendampingan Masyarakat Dalam Pengaplikasian Sistem Informasi Pelayanan Dan Managemen Desa Berbasis Android Aplikasi Kelor Di Desa Citimun

Pritasari Palupiningsih, Andi Dahroni, Rakhmadi Irfansyah Putra, Muhammad Fadli Pratama, Budi Prayitno, Eka Putra

Abstract


Digitalisasi desa bertujuan menyetarakan pola kehidupan berbasis digital masyarakat desa dan masyarakat kota, merupakan upaya menghapus dikotomi orang desa dan orang kota, menghapus senjang gaya hidup tradisional dan modern, ditambah perkembangan ekonomi desa, diharapkan dapat membangun warga desa untuk turut serta dalam peningkatan wawasan terhadap dunia digital.Salah satu masalah yang terjadi pada desa adalah lambatnya pelayanan publik yang terjadi di kantor desa, dikarekanan tidak tersimpanya data dengan baik oleh karena itu aparatur desa dengan terpaksa harus menginput ulang setiap permintaan warga. Dengan adanya digitalisasi pada pelayanan desa dapat mempercepat proses pelayanan karena data setiap warga dapat tersimpan secara cloud. Data kependudukan sangatlah penting untuk menghadirkan sejumlah program pemerintah demi kemajuan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itulah data yang akan diberikan oleh desa harus valid dan sesuai dengan fakta lapangan yang ada.Alat untuk membantu proses pelayanan desa sudah ada, salah satunya aplikasi Kelor. Namun aparatur desa masih ada yang belum memaksimalkan aplikasi yang ada dikarenakan belum adanya pelatihan yang intens dalam pemanfaatan aplikasi yang ada. Oleh sebab itu tim PKM IT PLN akan melakukan bimbingan intens penggunaan sistem informasi pelayanan dan manajemen desa berbasis android dalam program iptek bagi masyarakat.


Full Text:

PDF

References


Kusrini. 2007. Konsep Dan Aplikasi Pemdukung Keputusan. Yogyakarta: Andi.

Aditiyawarman, D., Setiadi, D., Kumbara, R., & Umbara, I. 2018. Pengembangan Sistem Informasi Administrasi Desa Terpadu Pada Desa Karoya Kabupaten Purwakarta. Jurnal Abdimas Bsi, 541-553.

Imaniawan. 2017. Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Berbasis Web Pada Desa Bogangin Sumpiuh. Indonesian Journal on Networking and Security, 1-9.

Imaniawan, F. F., & Wati, F. 2017. Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Berbasis Web Desa Sawahan. IJSE - Indonesian Journal on Software Engineering, 77-81.

Kurniati, R., Jaroji, J., & Agustiawan, A. 2018. Sistem Layanan Mandiri Di Kantor Desa Berbasis Web. INOVTEK Polbeng - Seri Informatika, 16.

Li, B., Chen, J., Liu, C., & Li, Y. 2017. Design and Implementation of a Lightweight Electronic Village System Based on REST Web Service. International Journal of Future Generation Communication and Networking, 159-170. doi:10.14257/ijfgcn.2017.10.1.14

Wati, M., & Despahari, E. 2018. Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Dan Catatan Sipil Kelurahan Di Kecamatan Marangkayu Kutai Kartanegara. Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi, 47-54.




DOI: https://doi.org/10.33365/jsstcs.v4i1.2587

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 : Pritasari Palupiningsih, Andi Dahroni, Rakhmadi Irfansyah Putra, Muhammad Fadli Pratama, Budi Prayitno, Eka Putra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat)  - Universitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JSSTCS/index
E : abdimas@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View My Stats