Penguatan Pemahaman Visi Sosio-Eco-Techno-Preneurship pada Pembentukan Karakter Mahasiswa IAIN Metro

Yuyun Yunarti, Witantri Dwi Swandini, Berwin Anggara, Selvi Loviana

Abstract


 Lembaga pendidikan dituntut untuk memiliki berbagai kemampuan baik yang berkaitan dengan masalah manajemen maupun kualitas pendidikannya agar dapat terus berkembang sesui dengan perkembangan zaman. Tujuan dari kegiatan penguatan pemahaman visi IAIN Metro “socio – eco – techno – preneurship” dalam pembentukan mahasiswa IAIN Metro adalah dapat memfasilitasi mahasiswa dengan pemahaman konsep yang menghasilkan capaian kemampuan yang matang mengenai visi IAIN Metro. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan melalui pendampingan melalui pengabdian participatory action research (PAR). Kegiatan pendampingan penguatan pemahamahan visi “socio – eco – techno – preneurship” dalam pembentukan karakter mahasiswa IAIN Metro di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Metro membuat mahasiswa dapat mengimplementasikan dalam kehidupan sehari – hari baik di lingkungan kampus maupun masyarakat.


Full Text:

PDF

References


Anwar, H. 2008. Teori Vygotsky Amir, F., Amrullah, M., & Indrakurniawan, M. (2022). Upgrading Pemahaman Visi Sekolah Berbasis Integratif Numerasi dan Religius di SDN Legokulon 1 Kasreman. Procedia of Social Sciences and Humanities, 3, 1074 - 1076. https://doi.org/10.21070/pssh.v3i.332(Diakses 25 Juli 2022)

Anggariani, D., Rahmatullah. (2014). Pemahaman Dan Implementasi Visi Misi Dalam kegiatan Akademik Di Prodi Sosiologi Agama Fakultas Ushuluddin Dan Filsafat. Lembaga Penelitian Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Faldini, M. (2017). Kewirausahaan Sosial Dalam Pemberdayaan Ekonomi Umat. Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan, Vol.8, No.1.

Fatmah, N. (2018). Pembentukan Karakter Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam, Volume 29 Nomor , Juli – Desember 2018. Halaman : 369 – 387.

Fuad, J. (2013). Pendidikan Karakter Dalam Pesantren Tasawuf. Jurnal Pemikiran Keislaman 23, No. 1 (Febuari 28, 2013): 1, htpp://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/tribakti/article/view/ (Diakses pada 27 Juli 2022).

Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Ditjen Mendikdasmen Direktorat Pembinaan SMP, Pendidikan Karakter di SMP.

Koesoema, A., Doni. (2007) Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Modern. Jakarta: PT. Grasindo.

Sujatmiko, I.N., Arifin, I., Sunandar, A. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter di SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, Volume 4 Nomor:8 Agustus Tahun 2019, Halaman: 113 – 119. http://journal.ac.id/index.php/jptpp. (Diakses pada 23 Juli 2022).

Sukaningtyas, D., Satori, D., Syaefudding, U. (2017). Pengembangan Kapasitas Manajemen Sekolah Dalam Pemahaman Visi Dan Misi. Jurnal Cakwarala Pendidikan, Juni 2017, Th. XXXVI, No.2.

Susilo, M.E. (2012). Sosialisasi Semangat Enterpreneurship Berlandaskan Nilai – Nilai Islami.

Bussiness Conference (BC) 2012. ISBN 978-602-17067-0-1. (Diakses 28 Juli 2022).




DOI: https://doi.org/10.33365/jsstcs.v4i1.2427

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 : Yuyun Yuniarti, Witantri Dwi Swandini, Berwin Anggara, Selvi Loviana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat)  - Universitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JSSTCS/index
E : abdimas@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View My Stats