PROGRAM SEKOLAH BINAAN : PELATIHAN, PENGEMBANGAN DAN PENINGKATAN KOMPETENSI PUBLIC SPEAKING DALAM KEPEMIMPINAN PENGURUS OSIS DAN PRAMUKA

Rusliyawati Rusliyawati, Agus Wantoro, Erliyan Redy Susanto, Muhamad Fitratullah, Tien Yulianti, Ari Sulistyawati

Abstract


Mitra program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Sekolah Binaan ini adalah SMK Negeri Pertanian Pembangunan Lampung yang dikenal dengan nama SMK Negeri SPP Lampung merupakan satu-satunya SMK Negeri Pertanian yang ada di Propinsi Lampung. Saat ini OSIS SMKN PP Lampung telah melakukan kegiatan yang melibatkan semua pengurus OSIS dan Pramuka sesuai program kerja yang disetujui oleh pihak sekolah.  Permasalahan yang dialami oleh mitra yaitu: belum optimalnya kemampuan public speaking untuk menunjang kepemimpinan yang berkualitas dalam organisasi di sekolah. Solusi yang diusulkan untuk mengatasi permasalahan pada mitra yaitu: peningkatan softskill bagi pengurus OSIS dan Pramuka, dalam bentuk pelatihan dan pendampingan yang terkait dengan public speaking dalam kepemimpinan. Target luaran dari kegiatan PKM Sekolah Binaan ini adalah 1) peningkatan kemampuan siswa yang diukur melalui kuesioner, 2) artikel publikasi di jurnal ABDIMAS terakreditasi nasional, 3) artikel berita kegiatan yang dishare di media massa online,  dan 4) video kegiatan di link youtube LPPM Teknokrat

Full Text:

PDF

References


R. Oktavian and R. F. Aldya, “Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pendidikan 4.0,” Didakt. J. Pendidik. dan Ilmu Pengetah., vol. 20, no. 2, 2020.

T. Ismawanto, “Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, dan Kompetensi terhadap Kinerja Organisasi Kesiswaan,” J. Sos. Hum. dan Pendiikan, vol. 2, no. 1, 2018.

Masduki, Rambat, N. Sasaongko, and S. Widodo, “Latihan Kepemimpinan Dasar Untuk Meningkatkan Kompetensi Kepemimpinan Pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS),” Universitas Bengkulu, 2009.

Rasta Kurniawati Br Pinem, Mavianti, and R. Harfiani, “Upaya Peningkatan Kualitas Mubalighat Melalui Pelatihan Public Speaking & Styles Dakwah Pada Pimpinan Wilayah Aisyiyah Sumatera Utara,” in Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 2019, pp. 187–193.

P. D. Fridayanthi and G. A. M. Puspawati, “Pelatihan Dan Pendampingan Master of Ceremony (MC) Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Daerah UPM,” J. PKM. Widya Mahadi, vol. 2, no. 1, pp. 141–149, 2021.

R. Oktavianti and F. Rusdi, “Belajar Public Speaking Sebagai Komunikasi Yang Efektif,” J. Bakti Masy. Indones., vol. 2, no. 1, pp. 117–122, 2019




DOI: https://doi.org/10.33365/jsstcs.v3i2.2184

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Agus Wantoro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat)  - Universitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JSSTCS/index
E : abdimas@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View My Stats