PENINGKATAN PENGETAHUAN PATUH BERLALU LINTAS DAN BERKENDARA AMAN PADA SISWA SMA 1 NATAR

Fera Lestari, Lia Febria Lina, Nicky Dwi Puspaningtyas, Ivan Cahya Pratama

Abstract


Kecelakaan lalu lintas berkontribusi besar sebagai salah satu penyebab kematian di Indonesia. Kecelakaan lalu lintas memiliki tingkat fatalitas yang tinggi. Data menunjukkan dalam satu tahun sebanyak 25.2666 orang meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas. Diantara korban kecelakaan lalu lintas merupakan anak sekolah. Sekitar sebanyak 95% penyebab terjadinya kecelakaan adalah faktor kesalahan manusia.

Sekolah SMA 1 Natar berlokasi di pinggir jalan lintas sumatera dan belum ada zona aman sekolah serta zebra cross di kawasan tersebut. Sebagian besar siswa SMA melakukan perjalanan ke sekolah menggunakan kendaraan bermotor. Kondisi jalan lintas yang memiliki volume lalu lintas tinggi dan juga komposisi kendaraan berat yang tinggi membuat resiko kecelakaan pada siswa yang menggunakan kendaraan bermotor ke sekolah meningkat. Perlu adanya pencegahan kecelakaan lalu lintas salah satunya dengan meningkatkan pengetahuan terkait dengan perilaku berkendara yang aman. 

Solusi yang dapat dilakukan berdsarakan permasalahan yang dihadapi mitra melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini salah satunya adalah dengan melakukan pengenalan perilaku berkendara aman dan perilaku tertib lalu lintas. Bentuk Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah pemberian pemahaman mengenai perilaku berkendara aman dan perilaku tertib berlalu lintas dengan melakukan pemamparan materi dan pemutaran video animasi terkait dengan perilaku berkendara dengan aman dan tertib berlalu lintas. Dari hasil postest yang dilakukan oleh siswa terdapat peningkatan pengetahuan berkendara dengan aman dan tertib berlalu lintas. Penigkatan pengetahuan terlihat dari jumlah jawaban benar yang meningkat saat postest dilakukan. Jumlah jawaban benar pada postest meningkat dari 72% menjadi 91%.

Full Text:

PDF

References


Maulana, Riezky. 2022. Polri:70 Orang Meninggal Dunia per Hari Akibat Kecelakaan Lalu Lintas. https://www.inews.id/news/nasional/polri-70-orang-meninggal-dunia-per-hari-akibat-kecelakaan-lalu-lintas

Nugroho, Setio Sapto. 2009. Undang Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Jakarta




DOI: https://doi.org/10.33365/jsstcs.v3i2.2118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fera Lestari, Lia Febria Lina, Nicky Dwi Puspaningtyas, Ivan Cahya Pratama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat)  - Universitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JSSTCS/index
E : abdimas@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View My Stats