BASIC ENGLISH FOR TOURISM BAGI SISWA/I SMK PGRI I LIMAU TANGGAMUS LAMPUNG

Amelia Dina, Zaenal Abidin, Permata Permata, Rachmi Marsheilla Aguss

Abstract


Industri pariwisata Indonesia telah memberikan dampak ke berbagai sektor, termasuk sektor industri perhotelan dan pendidikan. Menghadapi globalisasi dan era revolusi industri 4.0, jumlah wisatawan mancanegara semakin memengaruhi jumlah pertumbuhan hotel. Oleh karena itu, dibutuhkan sumber daya manusia yang mumpuni dalam bidang perhotelan. Hal ini mendorong dibukanya jurusan khusus kepariwisataan dan perhotelan di level universitas dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Salah satu SMK yang memiliki jurusan perhotelan adalah SMK PGRI I Limau. Siswa di SMK tersebut menghadapi berbagai tantangan dalam belajar bahasa Inggris. Tim PkM UTI memberikan solusi dengan menyelenggarakan kegiatan pelatihan untuk melatih skill berbahasa Inggris para siswa. Tim PkM UTI menggunakan games dan movies untuk menambah minat dan motivasi belajar siswa dalam belajar mengenai English for Tourism. Berdasarkan hasil dari observasi, pre-test, dan post-test kegiatan tersebut, siswa SMK PGRI I Limau mengalami peningkatan yang memuaskan. Mereka yang sebelumnya memiliki motivasi rendah dalam belajar bahasa Inggris menjadi lebih antusias. Nilai yang diperoleh siswa ketika pre-test juga mengalami peningkatan pada saat post-test sehingga menegaskan bahwa metode yang digunakan dalam kegiatan PkM sekolah binaan ini efektif dan tepat guna.


Full Text:

PDF

References


Akib, Erwin. 2020. Pariwisata dalam Tinjauan Pendidikan: Studi Menuju Era Revolusi Industri. Journal of Tourism, Hospitality, Travel, and Business Event, 2(1), 1-8.

Anam, Moch. Musafaul. dan Rachmadian, Aprillia. 2020. Need Analysis of English Language Usage for Tourism University Students. EnJourMe (English Journal of Merdeka): Culture, Language, and Teaching English, 5(2), 178 – 187.

Asmin, Arny Irhani. dan Hasby, Muhammad. 2017. English for Tourism Based on the Local Tourist Attraction. Proceedings ICONSS: International Conference in Natural and Social Sciences, Universitas Palopo Cokroaminoto, Makasar.

Khairunas, Sayyid. Dkk. 2019. The Effect of Learning Motivation and Vocabulary Matery towards Students’ Writiing Skill in Argumentative Text. E-journal Universitas Bina Sarana Informatika, 11(1), 37 – 46.

Kristiana, Vera. dan Nurmala, Dewi. 2019. Pelatihan Teknik “Word Match Games” dalam Pengajaran Kosakata Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian.

Poerwanto dan Shambodo. 2020. Revolusi Industri 4.0: Googelisasi Industri Pariwisata dan Industri Kreatif. Journal of Tourism, 4(1), 59-72.

Puspitasari, Indah. 2017. Developing English for Tourism Materials through Stakeholders’ Needs Analysis. English Review: Journal of English Education, 7(1),147-156.

Sahrawi, dkk. 2018. Pengajaran Kosakata Bahasa Inggris Menggunakan Games untuk Menarik Minat Belajar Siswa SMP Awaluddin. Gervasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2), 166 – 175.

Suastika, I Gede Yoga. dan Yasa, I Nyoman Mahendra. 2017. Pengaruh Jumlah Kunjungan Wisatawan, Lama Tinggal Wisatawan dan Tingkat Hunian Hotel terhadap Pendapatan Asli Daerah dan Kesejahteraan Masyarakat pada Kabupaten/Kota di Provinsi Bali. E-Journal Unud, 6(7), 1332 – 1363.




DOI: https://doi.org/10.33365/jsstcs.v3i1.1936

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Amelia Dina, Zaenal Abidin, Permata, Rachmi Marsheilla Aguss

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat)  - Universitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JSSTCS/index
E : abdimas@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View My Stats