OEMAH MATEMATIKA: PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK ANAK-ANAK DI KELURAHAN YOSOREJO

Juitaning Mustika

Abstract


Matematika masih menjadi momok yang menakutkan bagi siswa. Pembelajaran matematika seolah terpisah dari kehidupan sehari-hari siswa. Di masa pandemi covid-19, pembelajaran matematika melalui kelas online atau hanya menggunakan platform pembelajaran tertentu, sehingga banyak siswa yang mengeluhkan sulitnya pembelajaran matematika. Siswa semakin kesulitan untuk memahami konsep matematika apalagi mengintegrasikan pemaknaan matematika yang dekat dengan lingkungan sekitarnya. Untuk itu, pendampingan ini dilakukan tim pengabdian beserta oemah belajar matematika untuk membantu anak-anak dalam  pembelajaran matematika berbasis etnomatematika. Siswa mengenal dan belajar matematika dari permasalahan kontekstual dan realistis budaya Lampung seperti kain tapis, dan tarian tradisional. Metode pengabdian menggunakan penelitian participatory action research (PAR). Berdasarkan hasil kegiatan pendampingan anak-anak di Rt 021 Rt 023 dan Rt 023a di kelurahan yosorejo dapat diketahui bahwa siswa memiliki respon positif dalam pembelajaran  matematika berbasis budaya

Full Text:

PDF

References


Ambrosio, Ubiratan D. “Ethnomathematics and Its Place in the History and Pedagogy of Mathematics” 1, no. February (1985): 44–47.

Arwanto. “Eksplorasi Etnomatematika Batik Trusmi Cirebon Untuk Mengungkap Nilai Filosofi Dan Konsep Matematis.” Phenomenon: Jurnal Pendidikan IPA 7, no. 1 (2017): 40–49.

Astutiningtyas, Erika Laras, Andhika Ayu Wulandari, and Isna Farahsanti. “Jurnal Math Educator Nusantara ( JMEN ) Etnomatematika Dan Pemecahan Masalah Kombinatorik.” Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN) 03, no. 76 (2017).

Covid-, Pandemi, and Betty Kusumaningrum. “Apakah Pembelajaran Matematika Secara Daring Efektif ? ( Studi Kasus Pada Pembelajaran Selama Masa” 11, no. 2 (2020): 136–42.

Handayani, Shinta Dwi, and Ari Irawan. “Jurnal Math Educator Nusantara” 6, no. 2 (2020): 179–89.

Indriyani, Septi. “Eksplorasi Etnomatematika Pada Aksara Lampung.” Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2017.

Loviana, Selvi, Anang Ma’aruf Islamuddin, Arlina Damayanti, Muhammad Khoirudin Mahfud, and Pika Merliza. “Etnomatematika Pada Kain Tapis Dan Rumah Adat Lampung.” Tapis: Jurnal Penelitian Ilmiah 4, no. 1 (2020): 94–110.

Marsigit. “Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika.” In Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika 2016 Dengan Tema: Etnomatematika, Matematika Dalam Perspektif Sosial Dan Budaya, 2016.

Merliza, Pika. “Studi Etnomatematika : Eksplorasi Konsep Matematika Pada Permainan Tradisional Provinsi Lampung.” Suska Journal of Mathematics Education 7, no. 1 (2021): 21–30.

Puspadewi, Kadek Rahayu, and I Gst.Ngurah Nila Putra. “Etnomatematika Di Balik Kerajinan Anyaman Bali.” Jurnal Matematika 4, no. 2 (2014): 80–89.

Putri, Linda Indiyarti. “Etnomatematika, Kesenian Tradisional Rebana, Pembelajaran Matematika.” Jurnal Ilmiah “Pendidikan Dasar” IV, no. 1 (2017): 21–31.

Saleh, Muhamad, Rully Charitas Indra Prahmana, and Muhammad Isa. “Improving The Reasoning Ability Of Elementary School Student Through The Indonesian Realistic.” Jurnal on Mathematics Education 9, no. 1 (2018): 41–54.

Stephen, Kemis, and McTaggart Robin. The Action Research Planner (3rd Ed.). Geelong: Deakin University Press, 1990

Suryawan, PP, and Sariyasa. “Integrating Ethnomathematics into Open-Ended Problem Based Teaching Materials Integrating Ethnomathematics into Open-Ended Problem Based Teaching Materials.” Journal of Physics: Conference Series, 2018. https://doi.org/doi :10.1088/1742-6596/10.

Wildaniati, Yunita, dkk. “Pendampingan Dalam Pemecahan Soal Matematika Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Bagi Anak Di Lingkungan RT 31 Kelurahan Ganjar Agung.” Seandanan: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat. 1 (2021): 33–37.

Wulantina, Endah, and Sugama Maskar. “Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Lampungnese Etnomatematics Program Studi Pendidikan Matematika , Universitas Teknokrat Indonesia , Development of Material Based on Lampungnese Etnomatematics.” Edumatica 09 (2019).




DOI: https://doi.org/10.33365/jsstcs.v3i1.1899

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Juitaning Mustika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat)  - Universitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JSSTCS/index
E : abdimas@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View My Stats