PENGEMBANGAN DENAH SEKOLAH UNTUK PENINGKATAN NILAI AKREDITASI PADA SMA TUNAS MEKAR INDONESIA

Neneng Neneng, Fera Lestari, Ajeng Savitri Puspaningrum

Abstract


Akreditasi mensyaratkan adanya validasi kondisi sekolah yang sebenarnya sehingga memastikan bahwa sekolah yang akan diakreditasi telah sesuai dengan dan memenuhi persyaratan (compliance) minimal untuk memastikan bahwa sekolah yang bersangkutan telah memenuhi kelayakan dalam menyelenggarakan proses pembelajaran. Salah satu syarat yang dibutuhkan untuk proses akreditasi adalah sarana yang dimiliki sekolah termasuk denah sekolah. Namun, permasalahan yang sering terjadi dalam kegiatan akreditasi sekolah adalah saat penyusunan instrumen akreditasi. Hal ini dikarenakan beberapa faktor yang menjadi syarat akreditasi tidak dapat terpenuhi, seperti tidak tersedianya beberapa fasilitas yang diperlukan tetapi belum dimiliki. Denah sekolah merupakan salah satu fasilitas yang harus dipenuhi dan pada saat visitasi akreditasi selalu ditanyakan untuk memenuhi penilaian pada instrumen akreditasi sekolah. Dalam kegiatan PKM ini, dilakukan pembuatan denah sekolah pada SMA TMI untuk mendukung proses akreditasi.


Full Text:

PDF

References


Marjuki, D. Mardapi And B. Kartowagiran, "Pengembangan Model Akreditasi Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (Sma/Ma)," Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, Vol. 22, No. 1, Pp. 105 - 117, 2018.

F. Hanun, "Akreditasi Madrasah Sebagai Kunci Keberhasilan Dalam Pemenuhan Standar Nasional Pendidikan (Snp)," Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, Vol. 13, No. 1, Pp. 120 - 135, 2015.

Mehram, "Strategi Tindak Lanjut Hasil Akreditasi Sma Melalui Rencana Kerja Tahunan Sekolah," Serambi Akademica Jurnal Pendidikan, Sains, Dan Humaniora , Vol. 7, No. 6, Pp. 853 - 862, 2019.

A. A. R. Awaludin, "Akreditasi Sekolah Sebagai Suatu Upaya Penjaminan Mutu Pendidikan Di Indonesia," Jurnal Susunan Artikel Pendidikan, Vol. 2, No. 1, Pp. 12 - 21, 2017.

D. Asopwan, "Studi Tentang Akreditasi Dalam Meningkatkan Produktivitas Sekolah," Indonesian Journal Of Education Management And Administration Review, Vol. 2, No. 2, Pp. 264 - 271, 2018.

M. P. Prabhaswara, T. D. Tambunan And Y. Siradj, "Pembuatan Asset Augmented Reality Denah Ruangan Gedung Airport Operation Control Center Bandara Soekarno Hatta," E-Proceeding Of Applied Science, Vol. 6, No. 2, Pp. 4232 - 4256, 2020.

B. A. N. Sekolah/Madrasah, "Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan 2020 Jenjang Sma/Ma," 23 November 2019. [Online]. Available: Https://Drive.Google.Com/File/D/1q0r9uk7uleec3l7c2niydqchcd26-R-U/View. [Accessed 28 Juli 2021].




DOI: https://doi.org/10.33365/jsstcs.v2i2.1369

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Neneng Neneng, Fera Lestari, Ajeng Savitri Puspaningrum





Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat)  - Universitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JSSTCS/index
E : abdimas@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.