PELATIHAN SPADA SEBAGAI OPTIMALISASI LMS PADA PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID 19

Ahmad Ari Aldino, Very Hendra, Dedi Darwis

Abstract


E-learning merupakan salah satu solusi agar proses pembelajaran selama pandemi Covid-19 tetap berjalan. E-learning dapat memudahkan guru dan siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran jarak jauh (PJJ). Permasalahannya adalah tidak semua aplikasi yang digunakan untuk Pembelajaran Jarak Jauh(PJJ) memiliki standarisasi yang sama baik dari segi pengisian materi, penugasan dan penilaian hasil belajar siswa. Oleh karena itu diperlukan Learning Managemen System(LMS) untuk menstandarisasi baik dari segi materi, penugasan dan penilaian hasil belajar siswa, agar proses pembelajaran dapat tercapai sesuai dengan tujuan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Teknokrat Indonesia berkerja sama dengan pihak Manajemen SMA Negeri 1 Metro Kibang menerapkan Leanring Mangemen Systerm (LMS) pada proses pembelajaran selama pandemi. Penerapan Learning Managemen System (LMS) tersebut di implementasikan dalam bentuk pelatihan SPADA untuk Kepala Sekolah dan semua pihak manajemen SMA NegeriN 1 Metro Kibang. Tujuan dari pelatihan ini adalah agar Kepala Sekolah dapat memonitoring kegiatan pembelajaran dan guru dapat menerapkan Learning Managemen System (LMS)  pada proses pembelajaran selama pandemi. Pelatihan ini di ikuti oleh 28 guru SMA Negeri 1 Metro Kibang. Hasil dalam kegiatan ini yaitu 91.964 %guru SMA N 1 Metro Kibang dapat menerapkan Learning Managemen System(LMS) berupa penggunakan aplikasi SPADA pada proses pembelajaran, nilai tersebut diperoleh dari hasil pemberian angket setelah pelatihan. Selain itu penerapan Learning Managemen System(LMS)  berupa pemafaatan SPADA juga bermanfaat bagi Kepala Sekolah dalam memonitoring kinerja guru pada proses pembelajaran selama masa pandemi covid-19


Full Text:

PDF

References


Darwis, D., Saputra, V. H., & Ahdan, S. (2020). Peran Sistem Pembelajaran Dalam Jaringan ( SPADA ) Sebagai Solusi Pembelajaran pada Masa Pendemi Covid-19 di SMK YPI Tanjung Bintang. Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian 2020 IBI DARMAJAYA, 36–45.

Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Learning Management System (Lms) Sebagai Media Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19. Journal of Information System, Informatics and Computing, 4(2), 1. https://doi.org/10.52362/jisicom.v4i2.312

Harahap, S. H., & Alpi, M. F. (2017). E-ELEARNING DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI MENGAJAR DOSEN DI PERGURUAN TINGGI DI KOTA MEDAN. JKBM (JURNAL KONSEP BISNIS DAN MANAJEMEN), 4(1), 42-49.

Rabiman, R., Nurtanto, M., & Kholifah, N. (2020). Design and Development E-Learning System by Learning Management System (LMS) in Vocational Education. Online Submission, 9(1), 1059-1063.

Reffiane, F., & Saptono, S. (2020, June). Students’ behaviour towards etno-STEM: instruments for students of etno-STEM based science education. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1567, No. 4, p. 042021). IOP Publishing.

Saputra, V. H., & Pasha, D. (2021). Comics as Learning Medium During the Covid-19 Pandemic. 4(February), 330–334.

Saputra, V. H., & Permata, P. (2018). Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Macromedia Flash Pada Materi Bangun Ruang. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(2), 116. https://doi.org/10.30738/wa.v2i2.3184

Saputra, V. H., Pasha, D., & Afriska, Y. (2020). Design of English Learning Application for Children Early Childhood. Proceeding International Conference on Science and Engineering, 3(April), 661–665.

Saputro, B., & Susilowati, A. T. (2019). Effectiveness of learning management system (LMS) on in-network learning system (Spada) based on scientific. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(3), 481-498.

Sulistiani, H., & Saputra, V. H. (2020). Penerapan Codeigniter Dalam Pengembangan Sistem Pembelajaran Dalam Jaringan Di SMK 7 Bandar Lampung. Jurnal CoreIT: Jurnal Hasil Penelitian Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi, 6(2), 89–95.

Sulistiani, H., Darwis, D., Silaen, D. S. M., & Marlyna, D. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI BERBASIS MULTIMEDIA (STUDI KASUS: SMA BINA MULYA GADING REJO, PRINGSEWU). Jurnal Komputer dan Informatika, 15(1), 127-136.

Very, V. H. S., & Pasha, D. (2021). Komik Berbasis Scientific Sebagai Media Pembelajaran di Masa Pandemik Covid-19. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(1).

Wicaksana, M. F., Kurniasari, N., & Sudiatmi, T. (2021). Learning Machine System (LMS) SPADA Untuk Adaptasi Pengajaran Online. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 5(1), 57-67.




DOI: https://doi.org/10.33365/jsstcs.v2i2.1330

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS)





Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat)  - Universitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JSSTCS/index
E : abdimas@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.