PELATIHAN DASAR-DASAR ALGORITMA DAN PEMOGRAMAN UNTUK MEMBANGKITKAN MINAT SISWA-SISWI SMK PADA DUNIA PEMOGRAMAN

Zaenal Abidin

Abstract


Salah satu jurusan yang ada SMK PGRI 1 Limau yaitu jurusan Multimedia. Kegiatan PKM khusus di jurusan Multimedia dilakukan adalah Pelatihan Dasar-dasar Algoritma dan Pemograman bagi siswa SMK PGRI 1 Limau. Pelatihan ini bertujuan agar membuka cakrawala awal dan ketertarikan mereka akan dunia programming. Materi pelatihan yang telah diberikan adalah (1) Pretest, (2) Sesi 1 : Bedah Potensi Dunia Kerja bidang Komputer, (3) Sesi 2 : Algoritma dan Pemograman Dasar Runtunan di Python, (4) Sesi 3 : Algoritma dan Pemograman Dasar tentang pencabangan di  Python, (5) Sesi 4 : Algoritma dan Pemograman dasar tentang perulangan di Python, dan (6) Posttest. Pelaksanaan PKM Sekolah Binaan telah dilaksanakan dengan metode ceramah di kelas dan latihan pemogragraman di laboratorium komputer milik SMK PGRI 1 Limau. Secara umum kunjungan ke SMK PGRI 1 Limau 4 kali kunjungan sesuai dengan rincian dan jadwal kegiatan yang telah dibuat. Hasi pelatihan ini terlihat dari peningkatan nilai rata-rata siswa-siswi pretest yaitu Di awal pertemuan dengan siswa-siswi SMK PGRI 1 Limau, para peserta diberikan 10 soal essay yang jawabannya bersifat open answering dan closed answering. Delapan soal open answering dan dua closed answering. Pertanyaan dibuat sesuai dengan tingkat pengetahuan siswa-siswa SMK akan soal-soal mendasar dan sederhana tentang algoritma dan pemograman. Hasil pretest menunjukannya minimnya kemampuan awal mereka yaitu rata-rata siswa-siswi mampu menjawab 1.67 pertanyaan. Kemudian hasil posttest menunjukan nilai rata-rata siswa-siswi mampu menjawab 8.33 pertanyaan. Perningkatan kemampuan siswa dalam menyelesaikan posttest meningkat sebesar 66.67 %.


Full Text:

PDF

References


Lamhot, S. (2017). Algoritma dan Pemrograman. Yogyakarta. Andi Offset.

Megawaty, D. A. (2020). SISTEM MONITORING KEGIATAN AKADEMIK SISWA MENGGUNAKAN WEBSITE. Jurnal Tekno Kompak, 14(2), 98–101.

Nagar, S. (2017). Introduction to Python for Engineers and Scientists: Open Source Solutions for Numerical Computation. Apress.

Puspaningtyas, N. D., & Dewi, P. S. (2020). Persepsi Peserta Didik terhadap Pembelajaran Berbasis Daring. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(6), 703–712.

Salahudin, A. (2011). Filsafat Pendidikan, Bandung: CV. Pustaka Setia.

Setiawansyah, S., Adrian, Q. J., & Devija, R. N. (2021). Penerapan Sistem Informasi Administrasi Perpustakaan Menggunakan Model Desain User Experience. Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 11(1), 24–36.




DOI: https://doi.org/10.33365/jsstcs.v2i2.1326

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Zaenal Abidin





Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat)  - Universitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JSSTCS/index
E : abdimas@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View My Stats