SISTEM INFORMASI MONITORING PERKEMBANGAN SAPI DI LOKASI UJI PERFORMANCE (STUDI KASUS : DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN PROVINSI LAMPUNG)

Agustina Eka Kumala, Rohmat Indra Borman, Purwono Prasetyawan

Abstract


Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Lampung adalah instansi yang bergerak dibidang pengolahan dan pengembangan hewan yang ada di Provinsi Lampung. Pada Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung monitoring perkembangan sapi dilakukan dengan mengelola data penilaian tumbuh kembang sapi. Data yang digunakan dalam monitoring perkembangan sapi adalah dokumen yang didalamnya terdapat isi atau spesifikasi yang terdiri dari beberapa sapi dalam peternakan, yang termasuk dalam spesifikasi sapi yaitu No. Eartg, nama sapi, jenis kelamin, tanggal lahir, berat badan, tinggi pundak, lebar dada dan panjang badan. Pendataan dan penilaian tersebut dilakukan dengan penulisan di lembaran kertas dan kemudian diarsipkan.

Agar monitoring perkembangan sapi menjadi lebih baik, cepat, dan terintegritas maka dibutuhkan sebuah sistem informasi. Pengembangan sistem informasi monitoring sapi ini dimaksudkan untuk membantu pegawai atau Kelompok Jabatan Fungsional dalam proses pengolahan data perkembanganan sapi, khususnya dalam penilaian tumbuh kembang sapi pada saat di Lokasi Uji Perfomance, serta menghasilkan keluaran atau infromasi akurat berupa Laporan Perkembangan Sapi dan Laporan Keseluruhan yang akan diserahkan pada Kepala Dinas. Aplikasi monitoring perkembangan sapi yang dikembangkan dilengkapi dengan informasi spesifikasi sapi pada form perkembangan sapi yang secara otomatis tervalidasi berdasarkan SNI tumbuh kembang sapi pada sistem.


Full Text:

PDF

References


BORMAN, R. I. and H. FAUZI. 2018. Penerapan Metode Perbandingan Eksponensial (MPE) Dalam Sistem Pendukung Keputusan Penerima Beasiswa Siswa Berprestasi Pada SMA XYZ. CESS (Journal of Computer Engineering System and Science). Vol 3 No. 1.

KOSASI, S. and S. M. KUWAY. 2012. Studi Analisis Persyaratan Kebutuhan Sistem Dalam Menghasilkan Perangkat Lunak Yang Berkualitas. Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA. Vol 2, No. 1.

MUSTAQBAL, M. S., R. F. FIRDAUS, and H. RAHMADI. 2015. Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus : Aplikasi Prediksi Kelulusan SNMPTN). Jurnal Ilmiah Teknologi Terapan. Vol. I, No 3.

PRESSMAN, R. S. 2012. Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktis Buku 1 dan 2. Yogyakarta: Andi Offset.

RAHMAWATI. 2013. Peran Brainwaire Dalam Sistem Informasi Manajemen. Jurnal Computech & Bisnis. 7 No. 1.

SIMARMATA, J. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Andi Offset.

SOMMERVILE, I. 2011. Software Engineering Ninth Edition. Addison-Wesley.

SUTABRI, T. 2012. Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtk.v12i1.52

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Agustina Eka Kumala, Rohmat Indra Borman, Purwono Prasetyawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Tekno Kompak
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi D3 Sistem Informasi AkuntansiUniversitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknokompak
E  : teknokompak@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jumlah Pengunjung : View Tekno Kompak StatsCounter

Flag Counter